Minggu, 19 Desember 2010

Kholid bin walid


Kholid bin walid
Khilid bin walid adalah seseorang yang lahir 17 tahun sebelum adany agama islam,beliau berasal dari suku bani makhzum yang merupakan cabang dari suku qurqisy,ayahnya bernama walid dan ibunya bernama lababah.saat masih kecil kholid perah bermain adu gulat dengan umar,kholid bias mematahkan kaki umar bin khotob.
Ayah kholid adalah pemimpin yang berkuasa di antara orang-orang quraisy,nabi mengharapkan agar ayah kholid dapat masuk islam,namun karena takut kehilangan kekuasaan beserta pengaruhnya dia pun tidak mau masuk islam dan meninggal bukan sebagai seorang muslim.
Kholid sangat menyukai seni peperangan bahkan sejak kecil ia menjadi pahlawan quraisy.ketika perang badar kholid bergabung dengan kaum quraisy untuk berperang dengan islam,namun mengalami kekalahan.
Ketika perang uhud kholid menjadi pemimpin quraisy yang membawa tentara empat kali lebih besar dari pasukan islam,namun quraisy masih mengalami kekalahan,ketika pasukan quraisy lari terbirit birit juru panah pasukan islam yang di bukit uhud melihat gonimah(harta rampasan perang) akhrirnya para pasuka turun dan berniat untuk mengambil harta tersebut.
Melihat keadaan itu kholid dan pasukannya mengambil alih posisi di bukit uhud,dan menyerang balik pasukan islam,sehingga pada perang tersebut islam mengalami kekalahan , termasuk nabi yang mengalami luka yang cukup parah.
Pada suatu waktu kholid masuk ke agama islam,dan nabi pun sangat bahagia,pada masa khalifah ke 4 kholid menjadi pemimpin perang.
Kholid ingin meninggal ketika di medan perang,namun allah berkehendak lain dan kholid pun meninggal di tempat tidur>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar