Minggu, 19 Desember 2010

Salman al-farisi


Salman al-farisi
salman al-farisi merupakan seseorang yang berasal dari ispahan Persia,sebelum masuk islam beliau berasal dari agama majusi,nasrani,dan kemudian masuk ke agama islam.salman-alfarisi terkenal pada perang khandaq tahun ke 5 hijriyah.pada perang tersebut yahudi dan kaum musyrik bersatu untuk menghancurkan islam di madinah,sejumlah 24000 prajurit dipimpin oleh abu sofyan dan uyainah bin hisn yang akan menghabisi nabi Muhammad,agama dan sahabatnya.
Rasulullah mengumpulkan sahabatnya untuk musyawarah dan bersiap untuk perang,ketika itu muncul seorang yang bertubuh tinggi dan berambut lebat serta seseorang yang amat disayangi nabi yaitu salman al-farisi.
Salman al-farisi mengusulkan membuat parit di sekeliling kota madinah,dan kaum muslim pun membuat parit di sekeliling madinah.
Ketika menggali tanag tembilang sallman al-farisi membentur batu yang amat besar dan susah dibelah.akhirnya salman memberitahu nabi ,dan akhirnya nabi Muhammad memukulkan tembilangnya pada batu tersebut.
Sebelum memukul batu tersebut nabi membaca basmalah dan menghujamkan tembilangnya pada batu tersebut.
Ketika pukulan pertama batu yang di pukul menyemburkan api yang bertanda islam akan menguasai Persia.
Pukulan yang kedua menyemburkan api yang tinggi dan terang pertanda islam akan menguasai negri roma.
Pukulan yang ketiga batupun terpecah dan mengeluarkan sinar yang sangat terang itu pertanda negri syiria dan negri-negri lain akan dikuasai islam.
Salman al-farisi sangat dihormati nabi dan sahabatny karena memiliki ilmu yang luas,oleh karena itu beliau pun dijuluki lukmanul hakim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar